Cara Menjaga Kesehatan Jiwa Dan Raga

Cara Menjaga Kesehatan Jiwa Dan Raga.Kita tahu kesehatan adalah salah satu investasi terpenting dalam ke hidupan manusia.siapa yang tidak memimpikan untuk menjalani hidup dengan sehat dan bahagia.Namun,kerap kita alpa bahwa untuk mencapai itu smua perlu menjalani pola hidup sehat.Dimulai dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang,olahragateratur,menghindri polusi,hindari merokok dan lainsebagainya saya percaya kita semua tahu mengenai rambu-rambunya,namun selalu ada celah untuk melanggarnya. barangkali saja, sedikit sajian di segmen ini kembali mengingatkan kitabetapa pentingnya menjadi sehat.isu spesial yang membahas tuntas soal diabetes .penyakit yang kerap sebagai''induknya''atau menjadi pintu masuk berbagai penyakit. jangan tunggu menjadi sakit.motivasi diri dan mulailah saat ini juga. cara menjaga kesehatan jiwa,menjaga kesehatan jasmani dan rohani,cara menjaga jiwa dan raga kita,cara memelihara kesehatan jiwa,pengertian sehat jiwa,sehat jiwa menurut islam,sehat raga,ciri ciri sehat jiwa.


Berikut ini tips Diabetes Mellitus (DM) adalah penyakit seumur hidup yang tidak bisa disembuhkan.tugas parra penyandang diabetes adalah mejaga kadar gula darah senormal mungkin. Hal ini bisa dicapai dengan trias pengobatan,yakniexercise,diet,danobat.pengaturan asupan pada penyandang (diabetisi)sangat penting untuk mencegah timbulnya komplikasi atau manifestasi DM.''prinsip pengturan kebutuhan nutrisi pada diabetisi hampir sama dengan kebutuhan nutrisi pada individu sehat,yaitu asupan nutrisi yang seimbang dan sesuai dengan kebutuhan kalori tubuh,''kebutuhan kalori akan berbeda antar individu karena dipengaruhi oleh jenis kelamin,berat dan tingi badan,usia,serta aktivitas fisik harian. Diabetisi dengan berat badan berlebih disarankan untuk mengurangi berat badannya20-30persen,tergantung tingkat kegemukan.Cara Menjaga Kesehatan Jiwa Dan Raga

''Tidak disarankan menjalankan diet ekstream karrena dapat menimbulkan gannguan metabolisme dan menimbulkann kontrol guladarah yang buruk.dianjurkan mengurangi 250-500kalori dari kebutuhan total kalori harian''sehingga bisa terhindar dari kondisi hipoglikemi maupun hiperglikemi diet diabetes,biasa dikenal dengan jargon 3Jyaitu jumlah ,jadwaldan jenis.ini merupakan pengaturan  pola makan bagi diabetisi sebanyak 5-6x/hari yang terdiri atas 3kali makan besar pagi.,siang dan malam.sarapan memiliki porsi 20 persen dari totalkalori,inilah komposisi yang dianjurkan bagi diabetisi.

Karbohidrat atau Hidrat Arang
Karbohidrat dianjurkan sebesar 45-60 persen total kaloriharian dan diutamakan yang berserat tinggi. Hindari karbohidrat sederhana yang biasanya terdapat pada makanan olahan seperti biskuit,jajan pasar,permen ,sirop,roti manis,dan sebagainya.Gula dalam bumbu diperbolehkan sehingga diabetisi dapat makan sama dengan dengan keluarga yang lain.

Lemak
Asupan lemak disarankan sekitar 20-25 persen dari total kalori harian,dengan lemak jenuh sebaiknya kurang dari 7 persen.lemak jenuh diantaranya santan dan olahannya ,daging berlemak,susu penuh(whole milk),dan hindari juga lemak t rans yang terdapat pada makanan olahan dan kemasan.

Protein
Kebutuhan protein harian sebesar 10-20 persen dari total kalori harian.sumber protein yang disarankan adalah seafood,daging tanpa lemak,ayam tanpa kulit,susu rendah lemak,dan protein nabati.pada diabetisi dengan penurunan fungsi ginjal,perlu penurunan asupan protein menjadi 0,6-0,8gr/kg/BB/hr alias 10 persen dari kebutuha energi.Dimana,65 persen berupa protein degan nilai biologi tinggi yang bisa didapatkan pada protein hewani.

Natrium
Asupan natrium pada diabetisi sama dengan bagi individu biasa,yaitu kurang dari 3.000 mg/hari atau kurang dari satu sendok teh garam dapur.bagi diabetsi dengan hipertensi asupan natrium ,sebaiknya dibatasi kurang dari 2400 mg/hari.natrium banyak ditemukan pada garam dapur,penyedap ras,soda,dan bahan makanan yang diawetkan dengan natrium Benzoate dan natrium nitrit.

Serat
diabetisi dianjurkan mengonsumsi cukup serat yang berasal dari kacang-kacangan,buah ,sayuran,serta sumber karbohidrat tinggi serat karena mengandung vitamin,mineral,serat dan bahan lain yang bermanpaat.